Arduino Indonesia. Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Supported by Electronics 3 in 1

1. Jasa pencetakan PCB single layer dengan harga paling murah.

(Metode Pembuatan dengan Transfer Toner)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.150,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

(Metode Sablon Full Masking dan Silk Screen minimal pemesanan 100 Pcs)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.200,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

2. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan trainer pembelajaran elektronika untuk SMK dan Mahasiswa.

3. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan berbagai macam kontroller, sensor, aktuator, dan tranduser.
>Design Rangkaian / Sistem Elektronika
>Design Rangkaian / Sistem Instrumentasi
>Design Rangkaian / Sistem Kendali
>Kerjasama Riset (data atau peralatan)
>Kerjasama Produksi Produk-Produk KIT Elektronika
>Produksi Instrumentasi Elektronika

4. Jasa Pembuatan Proyek, Tugas Akhir, Tugas Laboratorium, PKM, Karya Ilmiah, SKRIPSI, dll

Like My Facebook

Popular Posts

Senin, 04 Februari 2019

Fungsi dan Pernyataan dalam Pemrograman Arduino

Sketch pada hakikatnya tersusun atas sejumlah fungsi. Contoh pada postingan sebelumnya yaitu Struktur Pemrograman Bahasa C Arduino yang melibatkan fungsi bawaan bernama setup( ) dan loop ( ). Fungsi adalah suatu blok/kumpulan kode di dalam suatu program yang diberi nama. Jika nama fungsi dipanggil, kode yang ada di dalamnya akan dijalankan. Sebuah program paling tidak mengandung satu fungsi. Setiap fungsi terdiri atas satu atau beberapa pernyataan, yang secara keseluruhan dimaksudkan untuk melaksanakan tugas khusus.

Bagian pernyataan fungsi (sering disebut tubuh fungsi) diawali dengan tanda kurung kurawal buka ( { ) dan diakhiri dengan kurung kurawal ( } ). Namun, pada kenyataannya suatu fungsi bisa saja tidak mengandung pernyataan sama sekali. Dalam hal ini, fungsi yang tidak mengandung pernyataan sama sekali, kurung kurawal haruslah tetap ada, sebab kurung kurawal mengisyaratkan awal dan akhir definisi fungsi.
Secara umum, fungsi mempunyai sintaks seperti berikut :

tipe_nilai_balik nama_fungsi (daftar_parameter)
{
    pernyataan_fungsi
}

Tipe balik fungsi bisa tidak ada, sebagaimana pada fungsi setup ( ) dan loop ( ) . Pada keadaan seperti itu, kata void dicantumkan. Tipe balik fungsi dapat berupa seperti int dan double (lihat tabel dibawah). Suatu fungsi bisa mengandung parameter ataupun tidak. Sebagai contoh, setup ( ) tidak mengandung parameter, sedangkan digitalWrite ( ) melibatkan dua parameter.


Kode

digitalWrite (PIN_12, HIGH);

merupakan contoh lain tentang pernyataan. Pada contoh tersebut, pernyataan tersebut digunakan untuk menampilkan tulisan yang terletak pada sepasang tanda petik ganda ke layar. Dalam hal ini, tulisan yang terletak pada sepasang tanda petik ganda disebut literal string (konstanta string)

Umumnya, pernyataan berupa instruksi untuk menyuruh perangkat keras melakukan sesuatu. Membuat pin bernilai 1 (HIGH), menghitung suatu operasi aritmatika, membaca data dari pin adalah suatu tugas yang di emban oleh pernyatan.

Setiap pernyataan umumnya diakhiri dengan tanda titik koma (;). Kealpaan dalam memberikan tanda ini akan menyebabkan kompiler memberikan pesan kesalahan saat kompilasi dilakukan. Gambar dibawah ini memberikan penjelasan visual pernyataan.




Tag :
toko arduino, arduino online, jasa arduino, toko elektronik, arduino, arduino adalah, arduino download, arduino ide, arduino projects, toko elektronik malang, toko elektronik bandung, toko elektronik surabaya, belajar arduino, harga sensor, jual arduino glodok, arduino serial, arduino tutorial, jual komponen elektronika grosir dan eceran, arduino pdf, modul arduino, arduino uno projects, jual komponen elektronika glodok, simulator arduino, arduino indonesia, arduino programming, arduino servo, arduino android, proyek arduino untuk pemula, arduino pwm, ldr arduino, toko robot, ebook arduino, motor dc arduino, software arduino, arduino eeprom, arduino led, pwm arduino, toko komponen elektronik terlengkap, arduino timer, program arduino, arduino nano datasheet, arduino uno schematic, jual komponen elektronika, toko komponen elektronik online terpercaya, arduino nano pinout, arduino software, tutorial arduino, harga arduino uno asli, proyek arduino, toko komponen elektronik online, arduino simulator, arduino code, toko komponen elektronik, lm35 arduino, arduino controller, arduino library, arduino atmega328, toko electronic, arduino bluetooth, toko elektronik di bali, projek arduino uno, toko elektronik di surabaya, toko elektronik online, mikrokontroler arduino, toko elektronik tangerang, toko elektronik di denpasar

0 on: "Fungsi dan Pernyataan dalam Pemrograman Arduino"