Arduino Indonesia. Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Supported by Electronics 3 in 1

1. Jasa pencetakan PCB single layer dengan harga paling murah.

(Metode Pembuatan dengan Transfer Toner)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.150,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

(Metode Sablon Full Masking dan Silk Screen minimal pemesanan 100 Pcs)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.200,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

2. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan trainer pembelajaran elektronika untuk SMK dan Mahasiswa.

3. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan berbagai macam kontroller, sensor, aktuator, dan tranduser.
>Design Rangkaian / Sistem Elektronika
>Design Rangkaian / Sistem Instrumentasi
>Design Rangkaian / Sistem Kendali
>Kerjasama Riset (data atau peralatan)
>Kerjasama Produksi Produk-Produk KIT Elektronika
>Produksi Instrumentasi Elektronika

4. Jasa Pembuatan Proyek, Tugas Akhir, Tugas Laboratorium, PKM, Karya Ilmiah, SKRIPSI, dll

Like My Facebook

Popular Posts

Selasa, 28 Maret 2023

Pengertian dan Penjelasan tentang Sensor Tekanan

Sensor tekanan atau pressure sensor merupakan sensor yang berfungsi sebagai pembaca nilai tekanan dari cairan maupun materi gas. Biasanya sensor ini digunakan pada peralatan elektronik, otomotif maupun industri. Sensor tekanan digunakan untuk mengukur besaran suatu tekanan dengan cara mengubah tegangan mekanis menjadi sinyal listrik. Secara sederhana, sensor ini bisa mengubah tekanan menjadi induktansi. 

 

Sensor Tekanan


Sensor tekanan bekerja dengan mengubah tekanan pada kantung perangkat sensor yang bisa menyebabkan berubahnya posisi inti kumparan. Akibatnya, induksi magnetic yang ada pada kumparan pun akan mengalami perubahan. Jenis kumparan yang digunakan pada sensor ini yaitu kumparan CT (Center Tap). Induktansi pada salah satu kumparan akan bertambah dan induktansi pada kumparan lainnya akan berkurang jika intinya mengalami pergeseran. Setelah itu, sinyal pada perangkat akan berubah menjadi induktansi magnetik yang timbul pada kumparan tersebut menjadi sebuah tegangan sebanding. 

 

Macam - macam Sensor Tekanan 

 

1. Tekanan Gauge (Pressure Gauge)

Sensor tekanan gaugemerupakan selisih antara tekanan absolut dengan tekanan atmosfer. Selain itu, sensor ini dikenal juga dengan tekanan relatif, yaitu jenis tekanan yang diukur relatif terhadap tekanan atmosfer.

2. Tekanan Diferensial (Differensial Pressure)

Sensor tekanan diferensial yaitu jenis perangkat yang diukur pada tekanan lain.

3. Vacum 

Sensor tekanan vacum dikenal dengan istilah tekanan hampa, dimana tekanan ini lebih rendah jika dibandingkan dengan tekanan atmosfer.

4. Tekanan Absolute (Absolute Pressure)

Sensor tekanan absolut merupakan harga tekanan yang dihitung relatif terhadap tekanan nol mutlak. 


Jenis – jenis Sensor Tekanan

 

1. Linear Variable Differensial Transformer (LVDT)

LVDT merupakan sensor tekanan yang berfungsi berdasarkan ada atau tidaknya medan magnet yang terjadi. LVDT pertama kali dikemukakan oleh seseorang yang bernama G.B Hoadley dan digunakan pertama kali untuk kepentingan militer. Sensor ini dikembangkan pertama kali pada tahun 1950-an dan masih populer hingga saat ini serta sudah digunakan untuk berbagai kepentingan industri. Sensor LVDT memiliki keunggulan dari segi kepadatan, sensitivtas yang baik, kekuatan, bisa menangani input berlebih dan lain sebagainya.  

2. Sensor Tekanan Semikonduktor

Sensor jenis ini dikenal dengan MPX4100. Perangkat ini merupakan seri Manifold Absolute Pressure. Sensor ini berfungsi untuk membaca tekanan udara dalam satu manifold. MPX4100 salah satu jenis sensor tekanan yang sudah dibekali dengan rangkaian pengkondisian sinyal dan sudah disematkan temperature kalibrator yang bisa membuat sensor menjadi stabil pada perubahan suhu yang terjadi. Prinsip kerjanya yaitu mengubah tegangan mekanik menjadi listrik. Daya yang diberikan pada kawat di dalam perangkat bisa menyebabkan kawat tersebut bengkok dan ukuran kawat tersebut berubah serta mengubah ketahanannya. 

3. Bourdon Tubes

Sensor tekanan dengan jenis ini berbentuk pipa pendek lengkung. Biasanya salah satu ujung perangkat ini tertutup. Sensor ini bekerja dengan cara memberikan tekanan untuk menegang. Perubahan yang dihasilkan sebanding dengan besarnya tekanan yang diberikan. 


0 on: "Pengertian dan Penjelasan tentang Sensor Tekanan"