Arduino Indonesia. Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Supported by Electronics 3 in 1

1. Jasa pencetakan PCB single layer dengan harga paling murah.

(Metode Pembuatan dengan Transfer Toner)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.150,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

(Metode Sablon Full Masking dan Silk Screen minimal pemesanan 100 Pcs)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.200,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

2. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan trainer pembelajaran elektronika untuk SMK dan Mahasiswa.

3. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan berbagai macam kontroller, sensor, aktuator, dan tranduser.
>Design Rangkaian / Sistem Elektronika
>Design Rangkaian / Sistem Instrumentasi
>Design Rangkaian / Sistem Kendali
>Kerjasama Riset (data atau peralatan)
>Kerjasama Produksi Produk-Produk KIT Elektronika
>Produksi Instrumentasi Elektronika

4. Jasa Pembuatan Proyek, Tugas Akhir, Tugas Laboratorium, PKM, Karya Ilmiah, SKRIPSI, dll

Like My Facebook

Popular Posts

Kamis, 01 Juni 2023

Presentation Layer : Pengertian dan Fungsinya

 

Presentation layer merupakan lapisan yang terdapat dalam model OSI layer dan berada pada lapisan kedua ketika sebuah data atau informasi akan dikirim. Lapisan ini juga berada pada lapisan keenam ketika sebuah data akan diterima oleh user. Presentation layer merupakan lapisan dimana data mulai disajikan dalam bentuk tertentu, misalnya dalam format JPEG untuk gambar, DOC dan sebagainya. 

 

Fungsi Presentation Layer

Presentation layer memiliki fungsi utama yaitu mampu menerjemahkan aplikasi menjadi bentuk data yang akan ditransmisikan ke beberapa layer berikutnya. Lapisan ini juga berfungsi mentranslasikan atau menerjemahkan data-data ke dalam bentuk aplikasi. Berikut ini beberapa fungsi lain dari presentation layer :

1. Melakukan Enkripsi Data atau Pesan

Proses enkripsi data merupakan suatu proses yang dilakukan untuk mengamankan data dan pesan yang akan ditranmisikan guna menjaga keamanan data atau pesan tersebut. Ketika bertindak sebagai receiver, lapisan ini memiliki fungsi untuk melakukan deskripsi dengan membuka enkripsi dari suatu data atau pun pesan. 

2. Melakukan Proses Kompresi dan Dekompresi

Proses kompresi merupakan proses pengecilan data, sehingga data tersebut bisa diteruskan dengan mudah ke dalam sebuah jaringan ketika presentation layer bertindak sebagai transmitter. Sedangkan proses dekompresi merupakan proses yang dilakukan untuk membuka dan memperjelas data yang akan diterima serta diteruskan ke application layer. Proses tersebut terjadi pada saat presentation layer menerima data yang akan ditampilkan pada application layer dan bertindak sebagai receiver data. 

3. Melakukan Proses Pemformatan pada Bentuk Grafis

Presentation layer merupakan pemformat bentuk-bentuk grafis. Beberapa data ditransmisikan ke dalam bentuk grafis atau aplikasi yang mengharuskan sebuah data ditampilkan dalam bentuk grafis dan sebaliknya. Presentation layer berfungsi untuk memformat bentuk-bentuk grafis yang masuk ke dalam jaringan tersebut.

4. Mentranslasikan Konten 

Presentation layer juga berfungsi untuk melakukan proses translasi dari konten yang ada. Proses translasi dilakukan agar setiap data atau konten yang disalurkan melalui jaringan bisa diidentifikasi dan didefinisikan oleh setiap lapisan pada model OSI layer dan dimengerti oleh keseluruhan jaringan.

5. Menyajikan Data

Fungsi yang cukup penting dari presentation layer yaitu menyajikaan data. Presentation layer membantu menyajikan data yang ada, baik ketika akan ditampilkan ke dalam application layer maupun ketika akan diteruskan ke lapisan session layer. 

6. Menentukan Tipe Data

Selain menyajikan data, presentation layer juga berfungsi untuk menentukan tipe data yang ada. Tipe data yang akan ditransmisikan, baik yang ditransmisikan menuju application layer atau pun ditransmisikan menuju session layer didefinisikan oleh presentation layer. Beberapa jenis tipe data yang didefinisikan oleh presentation layer berupa gambar, video, text dan kode enkripsi dari suatu data hingga ekstensi dari sebuah data. 

 

Protokol Presentation Layer

Presentation layer juga bekerja dengan menggunakan protokol, sama seperti model OSI layer lainnya. Salah satu contoh protokol yang digunakan oleh presentation layer yaitu VTP (Virtual Terminal Protokol). Fungsi VTP yaitu :

1. Memelihara struktur data yang melewati presentation layer.

2. Melakukan proses translating atau penerjemah karakteristik terminal menjadi bentuk standar.

 

0 on: "Presentation Layer : Pengertian dan Fungsinya"