Arduino Indonesia. Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Supported by Electronics 3 in 1

1. Jasa pencetakan PCB single layer dengan harga paling murah.

(Metode Pembuatan dengan Transfer Toner)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.150,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

(Metode Sablon Full Masking dan Silk Screen minimal pemesanan 100 Pcs)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.200,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

2. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan trainer pembelajaran elektronika untuk SMK dan Mahasiswa.

3. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan berbagai macam kontroller, sensor, aktuator, dan tranduser.
>Design Rangkaian / Sistem Elektronika
>Design Rangkaian / Sistem Instrumentasi
>Design Rangkaian / Sistem Kendali
>Kerjasama Riset (data atau peralatan)
>Kerjasama Produksi Produk-Produk KIT Elektronika
>Produksi Instrumentasi Elektronika

4. Jasa Pembuatan Proyek, Tugas Akhir, Tugas Laboratorium, PKM, Karya Ilmiah, SKRIPSI, dll

Like My Facebook

Popular Posts

Selasa, 23 Agustus 2022

Prinsip Kerja dari LoRa RFM95 Frekuensi 915 MHz

LoRa (Long Range) adalah suatu format modulasi yang unik dan mengagumkan yang dibuat oleh Semtech. Modulasi yang dihasilkan menggunakan modulasi FM. Perangkat RFM95 merupakan salah satu modul LoRa yang menggunakan komunikasi Radio Frekuensi dan mampu menjangkau jarak 8 kilometer. Modulasi adalah proses perubahan suatu gelombang periodik. LoRa (Long Range) merupakan suatu proses perubahan suatu gelombang periodik tertentu sehingga menjadikan suatu sinyal yang mampu membawa suatu informasi. Gelombang periodik adalah merupakan gerak gelombang yang secara teratur. Perubahan gelombang ini teratur dan berulang-ulang yang mempunyai sumber berupa gangguan yang bertahap atau secara bertahap yang berupa getaran.

 

Dengan proses modulasi ini suatu informasi atau biasanya informasi yang berfrekuensi rendah bisa dimasukkan ke dalam suatu gelombang pembawa. Pada pemrosesan intinya (modulasi) dihasilkan gelombang frekuensi yang stabil. Selain dengan metode transmisi metode lain juga bisa digunakan dalam proses ini. Seperti juga bisa menggunakan PSK (Phase Shift Keying), FKS (Frequency Shift Keying) dan banyak lagi yang lainnya.

 

Phase Shift Keying atau PSK merupakan pengiriman sinyal melalui pergeseran fase. PSK merupakan suatu bentuk modulasi fase yang memungkinkan fungsi pemodulasi fase gelombang termodulasi diantara nilai diskrit yang sudah ditetapkan sebelumnya. Kemudian FKS atau Frequency Shift Keying juga merupakan pengiriman sinyal melalui pergeseran frekuensi. FKS ini merupakan suatu bentuk modulasi yang gelombang modulasi ini menggeser frekuensi output dari gelombang pembawa.

Teknologi LoRa

 

Teknologi LoRa menawarkan jangka panjang yang sangat menarik. Seperti menggunakan daya yang rendah dan perpindahan data yang terjamin keamanannya. Jaringan publik yang menggunakan jaringan LoRa ini akan dapat memberikan jangkauan sinyal yag lebih luas.

 

Dibandingkan dengan jaringan seluler pada umumnya, LoRa merupakan jaringan yang mencakup lebih luas. Selain itu juga mudah dipasangkan pada kebutuhan yang kita perlukan. Kebutuhan itu seperti pada alat elektronik lainnya yang pemasangannya menggunakan wireless.

 

Protokol LoRaWAN

 

Protocol adalah adalah suatu standar atau aturan yang mengatur dan mengijinkan suatu terjadinya hubungan. Hubungan protocol LoRaWAn ini terjadi antara dua atau lebih pada computer. Secara spesifik protocol ini dibuat dengan teknologi LoRa yang dikembangkan oleh kerjasama dengan LoRa atau Aliansi LoRa.

 

Fitur - fitur LoRa

 

1. Geolocation, fungsi ini dapat memungkinkan mendeteksi lokasi keberadaan suatu benda tanpa biaya.

 2. Biayanya rendah, biaya rendah karena dapat dengan mudah mengurangi biaya infrastruktur, biaya operasional dan sensor-sensor yang mengurangi biaya sendiri.

3. Berstandar, karena dibuat supaya  dapat berinteraksi dan terhubung dengan fungsi produk dan sistem yang lain. Supaya dapat dengan cepat beradaptasi dengan jaringan dan amplikasi IoT. Amplikasi IoT adalah amplikasi atau sesuatu hal yang baru di dunia teknologi sensor sehingga dunia akan akan semakin otomatis.

4. Daya baterai rendah, hanya dengan  membutuhkan daya baterai sekitar 13Ma sampai 15Ma. Maka baterai akan bertahan lama dari 10 hingga 15 tahun.

5. Jarak wifinya sangat jauh, satu unit LoRa dapat memancar sejauh 100KM.

6. Kapasitas sangat tinggi, sangat cocok digunakan untuk operator jaringan yang melayani banyak pelanggan. Hal ini karena mendukung jutaan per base station.

 

RFM95(W) dapat mencapai sensitivitas lebih dari -148dBm dengan kristal dan bill of material berbiaya rendah. Sensitivitas tinggi yang dikombinasikan dengan penguat daya +20 dBm terintegrasi menghasilkan anggaran tautan terdepan di industri sehingga optimal untuk aplikasi apa pun yang membutuhkan jangkauan atau ketahanan.

 

Perangkat ini juga mendukung mode kinerja tinggi (G)FSK untuk sistem termasuk WMBus, IEEE802.15.4g. RFM95(W) menghadirkan noise fase, selektivitas, linearitas penerima, dan IIP3 yang luar biasa untuk konsumsi arus yang jauh lebih rendah daripada perangkat pesaing.

 

Modul RFM95W merupakan wireless tranceiver yang bekerja pada frekuensi 915MHz. Mengadopsi teknologi spread spectrum LoRa . Memiliki kemampuan anti blocking dan anti jamming yang kuat serta hemat energi.

 


0 on: "Prinsip Kerja dari LoRa RFM95 Frekuensi 915 MHz"