Arduino Indonesia. Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Supported by Electronics 3 in 1

1. Jasa pencetakan PCB single layer dengan harga paling murah.

(Metode Pembuatan dengan Transfer Toner)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.150,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

(Metode Sablon Full Masking dan Silk Screen minimal pemesanan 100 Pcs)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.200,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

2. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan trainer pembelajaran elektronika untuk SMK dan Mahasiswa.

3. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan berbagai macam kontroller, sensor, aktuator, dan tranduser.
>Design Rangkaian / Sistem Elektronika
>Design Rangkaian / Sistem Instrumentasi
>Design Rangkaian / Sistem Kendali
>Kerjasama Riset (data atau peralatan)
>Kerjasama Produksi Produk-Produk KIT Elektronika
>Produksi Instrumentasi Elektronika

4. Jasa Pembuatan Proyek, Tugas Akhir, Tugas Laboratorium, PKM, Karya Ilmiah, SKRIPSI, dll

Like My Facebook

Popular Posts

Selasa, 08 November 2022

Penjelasan tentang RFID

RFID

RFID atau Radio Frequency Identification merupakan suatu teknologi yang berfungsi untuk melakukan identifikasi dan pengambilan data menggunakan barcode atau magnetic card. Metode identifikasinya dengan menggunakan sarana yang disebut dengan label RFID atau transponder yang berfungsi untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh. Label RFID merupakan sebuah benda yang dapat dimasukkan ke dalam sebuah produk, hewan bahkan manusia dengan menggunakan gelombang elektromagnetik. Jadi, proses identifikasi RFID membutuhkan dua perangkat yaitu tag dan reader agar dapat berfungsi dengan baik.

 

RFID tag merupakan alat yang menempel pada benda yang akan diidentifikasi oleh RFID reader. RFID tag ada 2 jenis yaitu aktif dan pasif. Tag aktif memerlukan baterai untuk bisa dioperasikan sedangkan tag pasif dapat digunakan tanpa harus memakai baterai sedangkan. RFID tag berisi tag unik yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Selain itu, informasi yang tersimpan pada suatu objek yang terhubung pada tag hanya terdapat pada sistem atau database yang dihubungkan ke RFID reader.

 

Sedangkan RFID reader merupakan alat yang mampu membaca RFID tag. RFID reader terdiri dari RFID reader aktif dan RFID reader pasif. RFID aktif bisa memancarkan sinyal interrogator ke tag dan menerima balasan autentikasi dari tag. Sedangkan RFID reader pasif bisa menjangkau sampai dengan 600 meter. Namun, reader pasif hanya bisa menerima sinyal radio dari tag aktif. Selain itu sinyal interrogator juga bisa berfungsi sebagai sumber daya tag pasif.


Penggunaan dan Aplikasi RFID dalam Kehidupan

 

RFID banyak diminati karena memiliki beberapa beberapa kelebihan. Label atau tag bisa dibaca apabila melewati dekat pembaca label, bahkan dalam keadaan tertutup oleh objek lainnya. Selain itu, label bisa dibaca dalam suatu wadah, karton dan kotak. Hebatnya lagi, label RFID bisa sekaligus membaca ratusan pada satu waktu. Saat ini RFID banyak digunakan oleh perusahaan untuk keperluan identifikasi karyawan dan aset perusahaan. RFID juga dipakai di supermarket untuk identifikasi saat belanja. Selain itu, RFID bisa digunakan di mobil untuk identifikasi penggunaan BBM bersubsidi. RFID juga digunakan untuk pembayaran toll tanpa kontak langsung. Di bandara, RFID dipakai untuk keperluan pelacakan bagasi.

 

Demikian informasi yang bisa Anda baca terkait artikel RFID. Melalui artikel di atas, Anda jadi tahu pengertian dari RFID serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga informasi tentang RFID tersebut bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda semua. 

 

 

0 on: "Penjelasan tentang RFID "