Arduino Indonesia. Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Supported by Electronics 3 in 1

1. Jasa pencetakan PCB single layer dengan harga paling murah.

(Metode Pembuatan dengan Transfer Toner)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.150,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

(Metode Sablon Full Masking dan Silk Screen minimal pemesanan 100 Pcs)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.200,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

2. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan trainer pembelajaran elektronika untuk SMK dan Mahasiswa.

3. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan berbagai macam kontroller, sensor, aktuator, dan tranduser.
>Design Rangkaian / Sistem Elektronika
>Design Rangkaian / Sistem Instrumentasi
>Design Rangkaian / Sistem Kendali
>Kerjasama Riset (data atau peralatan)
>Kerjasama Produksi Produk-Produk KIT Elektronika
>Produksi Instrumentasi Elektronika

4. Jasa Pembuatan Proyek, Tugas Akhir, Tugas Laboratorium, PKM, Karya Ilmiah, SKRIPSI, dll

Like My Facebook

Popular Posts

Selasa, 24 Januari 2023

Mengenal Mikrokontroler ATMega32

Mikrokontroler ATMega32 merupakan mikrokontroler yang diproduksi oleh Atmel. Mikrokontroler tersebut memiliki clock dan kinerja hingga 16 MHz. Ukuran flash memorinya cukup besar, kapasitas SRAM sebesar 2 Kilobyte dan 32 buah port I/O yang sangat memadai untuk berinteraksi dengan LCD serta keypad.

Mikrokontroler ATMega32


a. Arsitektur CPU ATmega32

CPU berfungsi untuk memastikan pengeksekusian instruksi dilakukan dengan benar. CPU harus bisa mengakses memori, menangani interupsi, mengontrol peripheral dan melakukan kalkulasi serta memiliki 32 buah general purphose register yang membantu kinerja ALU.

 

Baca juga : Pengertian dan Penjelasan tentang Mikrokontroler ATMega8

 

b. Program Memori

ATMega32 memiliki kapasitas memori flash sebesar 32KB untuk menyimpan program. Flash memori dibuat berukuran 16K x 16 karena lebar instruksi 16 bit atau 32 bit. Arti dari "16K" yaitu alamat di flash memori yang bisa digunakan dimulai dari alamat 0 heksa hingga 3FFF heksa dan setiap alamatnya menyimpan instruksi 16 bit.

 
c. SRAM Data Memori
ATMega32 memiliki 2KB SRAM yang digunakan untuk menyimpan variabel. Ada tempat khusus di SRAM yang senantiasa ditunjuk oleh register SP yaitu disebut dengan stack. Stack tersebut digunakan untuk menyimpan nilai yang di push.

 

d. EEPROM Data Memori
EEPROM data memori yang dimiliki oleh ATMega32 sebanyak 1024 byte. Data yang berada di EEPROM tidak akan hilang meskipun catuan daya ke sistem mati. EEPROM digunakan untuk menyimpan parameter sistem yang penting. Parameter dibaca dan diinisialisasikan oleh sistem sesuai dengan nilai paramater tersebut ketika sistem menyala pertama kali.

e. Interupsi

ATMega32
memiliki sumber interupsi sebanyak 21 buah. Ketika interupsi diaktifkan dan terjadi interupsi, maka CPU menunda instruksi sekarang dan melompat ke alamat rutin interupsi yang terjadi. Setelah selesai mengeksekusi semua instruksi yang ada di alamat rutin, interupsi CPU kembali melanjutkan instruksi yang sempat tertunda.

f. I/O Port
Ada 32 buah pin I/O pada ATMega32. Pin I/O tersebut digunakan untuk berinteraksi dengan sistem lain. Setiap pin I/O memiliki 3 register, yaitu DDxn, PORTxn dan PINxn. Untuk menentukan arah pin I/O menggunakan kombinasi nilai DDxn dan PORTxn.

 

Baca juga : Mikrokontroler ATMega16


g. Clear Timer on Compare Match (CTC)

CTC atau clear timer on compare match merupakan salah satu mode Timer/Counter1. Selain itu ada normal mode, fastPWM mode dan juga phase correct PWM mode. Pada CTC mode, nilai TCNT1 akan menjadi nol ketika nilai TCNT1 telah sama dengan OCR1A atau ICR1. Jika nilai top ditentukan OCR1A dan interupsi diaktifkan untuk compare match A, maka ketika nilai TCNT1 sama dengan nilai OCR1A interupsi akan terjadi. CPU melayani interupsi ini dan nilai TCNT1 menjadi nol.

h. USART

USART berfungsi untuk general I/O. Selain itu, pin PD1 dan PD0 ATMega32 berfungsi untuk mengirim dan menerima bit secara serial. Pengubahan fungsi ini dibuat dengan mengubah nilai beberapa register serial. Untuk menekankan fungsi ini, pin PD1 disebut TxD dan pin PD0 disebut RxD. 


0 on: "Mengenal Mikrokontroler ATMega32 "