Arduino Indonesia. Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Supported by Electronics 3 in 1

1. Jasa pencetakan PCB single layer dengan harga paling murah.

(Metode Pembuatan dengan Transfer Toner)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.150,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

(Metode Sablon Full Masking dan Silk Screen minimal pemesanan 100 Pcs)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.200,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

2. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan trainer pembelajaran elektronika untuk SMK dan Mahasiswa.

3. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan berbagai macam kontroller, sensor, aktuator, dan tranduser.
>Design Rangkaian / Sistem Elektronika
>Design Rangkaian / Sistem Instrumentasi
>Design Rangkaian / Sistem Kendali
>Kerjasama Riset (data atau peralatan)
>Kerjasama Produksi Produk-Produk KIT Elektronika
>Produksi Instrumentasi Elektronika

4. Jasa Pembuatan Proyek, Tugas Akhir, Tugas Laboratorium, PKM, Karya Ilmiah, SKRIPSI, dll

Like My Facebook

Popular Posts

Selasa, 07 Februari 2023

Belajar Arduino untuk Pemula

Arduino memang menarik untuk kita pelajari. Proyek dan aplikasi Arduino yang semakin beragam menandakan kemampuan dari mikrokontroler Arduino untuk bekerja sesuai dengan keinginan kita. Bagi kita yang masih pemula jangan khawatir, saat ini sudah sangat banyak media yang bisa kita akses untuk mempelajari Arduino.

 

Pada artikel kali ini, Arduino Indonesia akan membahas tentang belajar Arduino untuk pemula. Kita akan sampaikan bagaimana belajar Arduino untuk pemula. Cukup siapkan beberapa perangkat saja:

 

• Komputer/laptop (OS Windows, Linux atau Mac OS X).

 

• Arduino IDE (Software untuk membuat program Arduino). Silakan download (free) di web resmi Arduino (https://www.arduino.cc/en/Main/Software). Kita bisa memilih versi installer (install program ) atau versi Zip (tinggal jalankan file .exe dari folder).

 

• Arduino UNO + kabel USB.

 

Langkah pertama kita download terlebih dahulu software Arduino IDE. Setelah itu jalankan programnya. Jika kita menginstal program Arduino (Pilihan pertama pada saat download Arduino IDE), maka tinggal jalankan “Shortcut Arduino” dari layar komputer.  

 


Namun jika kita download file Zip, maka jalankan file arduino.exe dari folder dimana kita menyimpannya, dengan cara klik 2x. 

 


Setelah dijalankan tunggu sampai tampil Arduino IDE seperti gambar di bawah ini.

 



Kemudian colokkan (sambungkan) Arduino UNO ke port USB komputer melalui kabel USB.

 


Cek apakah Arduino sudah terdeteksi di komputer atau belum. Pada umumnya, saat kita menginstal program Arduino IDE sudah termasuk instalasi driver Arduino sehingga sudah langsung terdeteksi. Pada menu Tools –> Port –> COM51 (Arduino/Genuino Uno). Untuk nomor port tiap komputer berbeda-beda. Pada contoh ini nomornya adalah 42.

 


Jika belum terdeteksi, install driver Arduino melalui Device Manager kemudian update driver. File driver bisa mengambil dari folder “drivers”. Klik nomor COM yang digunakan oleh Arduino UNO. Pada contoh ini ada di COM42.

 

Langkah berikutnya kita pilih board atau jenis Arduino-nya. Hal ini dikarenakan jenis Arduino yang tidak hanya satu. Jadi, Arduino IDE ini harus sesuai dengan Arduino yang akan diprogram. Kita pilih Board Arduino UNO. Pada menu Tools -> Board -> Arduino AVR Boards -> Arduino Uno

 


Arduino Uno dan Arduino IDE sudah siap kita gunakan untuk belajar Arduino. Pertama kali kita coba test apakah Arduino IDE bisa melakukan proses Upload (mengisi program) ke Arduino.

 


Pada menu File –> Examples –> 01.Basics –> Blink, muncul Arduino IDE dengan isi sebuah program (source code). 

 


Selanjutnya program tersebut kita isikan ke Arduino UNO, klik Toolbar “Upload” (nomor 2 dari kiri, tanda anak panah ke kanan). Tunggu sampai proses Upload selesai.

 


Jika sukses, maka pada bagian bawah Arduino IDE akan muncul pesan “Done uploading” dan di board Arduino UNO terlihat LED kuning berkedip.

 


0 on: "Belajar Arduino untuk Pemula"