Arduino Indonesia. Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Supported by Electronics 3 in 1

1. Jasa pencetakan PCB single layer dengan harga paling murah.

(Metode Pembuatan dengan Transfer Toner)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.150,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

(Metode Sablon Full Masking dan Silk Screen minimal pemesanan 100 Pcs)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.200,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

2. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan trainer pembelajaran elektronika untuk SMK dan Mahasiswa.

3. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan berbagai macam kontroller, sensor, aktuator, dan tranduser.
>Design Rangkaian / Sistem Elektronika
>Design Rangkaian / Sistem Instrumentasi
>Design Rangkaian / Sistem Kendali
>Kerjasama Riset (data atau peralatan)
>Kerjasama Produksi Produk-Produk KIT Elektronika
>Produksi Instrumentasi Elektronika

4. Jasa Pembuatan Proyek, Tugas Akhir, Tugas Laboratorium, PKM, Karya Ilmiah, SKRIPSI, dll

Like My Facebook

Popular Posts

Selasa, 28 Februari 2023

Cara Mengatasi Program Arduino IDE Gagal di Upload

Bagaimana cara mengatasi program Arduino IDE yang gagal di upload? Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Arduino, tetapi bukan tutorial pembuatan alat melainkan tutorial dalam menyelesaikan problem yang sering terjadi pada Arduino developer.

 

 

Hampir di setiap development seperti sistem atau program seringkali mengalami masalah, seperti program error yang menyebabkan program tidak bekerja sesuai keinginan developer. Dalam pembuatannya seringkali tidak berjalan dengan baik, sama seperti pada Arduino. Sudah bisa dipastikan akan ada saja problem yang sedikit menghambat ketika proses proses development. Ada banyak problem yang seringkali terjadi pada saat development program Arduino. Misalnya hardware rusak, salah pasang komponen dan lain sebagainya. Akan tetapi, problem yang sering ditemui yaitu tidak bisa mengupload program yang telah dibuat ke Arduino. 

 

Baca juga : Belajar Arduino untuk Pemula

 

Jika hal ini terjadi, maka akan muncul notifikasi berupa alert ketika mencoba untuk mengupload program. Contoh alert yang muncul ketika adanya problem tidak bisa upload seperti pada gambar di bawah ini.

 


Cara Mengatasi Arduino IDE Gagal Upload

 

Jika muncul notifikasi alert seperti di atas, sudah dipastikan bahwa ada masalah yang terjadi. Untuk seorang pemula, pastinya sangat merasa kebingungan mengapa hal ini bisa terjadi dan ada kemungkinan akan sedikit kesulitan untuk mengatasi hal tersebut. Untuk seorang pemula yang baru belajar mungkin akan kebingungan dengan munculnya notifikasi seperti ini, terlebih dengan adanya alert tersebut menjadi tidak bisa mengupload program. Namun, sebenarnya tidak perlu khawatir jika terjadi problem seperti itu. Hal tersebut sangatlah wajar terjadi jika sedang mempelajari Arduino. Ada beberapa penyebab mengapa hal ini bisa terjadi dan kita akan coba solving problem tersebut dengan beberapa cara yang bisa dicoba.

 

Langkah selanjutnya, ada beberapa penjelasan bagaimana cara mengatasi problem tersebut. Kita bisa mencoba beberapa cara di bawah ini yang bisa langsung dipraktekkan pada laptop atau komputer. Ada tiga cara untuk mengatasi program Arduino IDE yang gagal di upload :

 

1. Cek USB Arduino sudah terdeteksi atau belum

Penyebab pertama mengapa Arduino tidak bisa mengupload karena USB yang digunakan untuk menghubungkan Arduino dengan laptop atau komputer tidak terdeteksi. Normalnya, jika ingin mengupload program ke Arduino, Arduino harus terhubung dengan laptop melalui USB yang disambungkan pada port laptop atau komputer. Cara kita mengetahui apakah Arduino terhubung atau tidak, bisa melihat pada keterangan yang muncul. Jika USB tidak terhubung, maka perlu menghubungkan USB sampai terdeteksi di laptop atau komputer.

2. Cek board yang digunakan pada Arduino IDE

Secara default, settingan board pada Arduino IDE adalah Arduino Uno. Namun jika kita menggunakan mikrokontroler lain, kita perlu mengubah terlebih dahulu pengaturan board default menjadi board yang sesuai dengan mikrokontroler yang kita digunakan. Untuk melihat apakah board sudah sesuai atau belum, bisa cek di Arduino IDE pada tab Tools > Board. Banyak kasus yang terjadi ketika board tidak sesuai dengan mikrokontroler yang digunakan sehingga menyebabkan terjadinya masalah, salah satunya yaitu tidak bisa mengupload program.

3. Ganti port USB pada laptop atau komputer

Cara selanjutnya yang bisa dicoba yaitu dengan mengganti port USB yang digunakan pada laptop atau komputer. Biasanya, banyak kasus terjadi yang menyebabkan program Arduino Uno tidak bisa diupload karena port USB yang tidak terdeteksi disebabkan oleh port laptop atau komputer yang rusak. Jadi, solusi yang bisa dicoba yaitu dengan mengganti port lain yang ada pada laptop atau komputer dan coba kembali dengan mengupload program ke Arduino. Jika port tidak ada masalah, maka proses upload akan berhasil.

 

1 on: "Cara Mengatasi Program Arduino IDE Gagal di Upload"
  1. kalau cara mengapus dan membersihkan data file di board arduino uno pakai perintah apa master...sudah coba banyak belom bisa bisa terimakasih

    BalasHapus