Arduino Indonesia. Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Supported by Electronics 3 in 1

1. Jasa pencetakan PCB single layer dengan harga paling murah.

(Metode Pembuatan dengan Transfer Toner)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.150,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

(Metode Sablon Full Masking dan Silk Screen minimal pemesanan 100 Pcs)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.200,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

2. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan trainer pembelajaran elektronika untuk SMK dan Mahasiswa.

3. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan berbagai macam kontroller, sensor, aktuator, dan tranduser.
>Design Rangkaian / Sistem Elektronika
>Design Rangkaian / Sistem Instrumentasi
>Design Rangkaian / Sistem Kendali
>Kerjasama Riset (data atau peralatan)
>Kerjasama Produksi Produk-Produk KIT Elektronika
>Produksi Instrumentasi Elektronika

4. Jasa Pembuatan Proyek, Tugas Akhir, Tugas Laboratorium, PKM, Karya Ilmiah, SKRIPSI, dll

Like My Facebook

Popular Posts

Selasa, 16 Agustus 2022

Penjelasan tentang Mikrokontroler STM32

STM32 adalah keluarga dari 32-bit sirkuit terpadu mikrokontroler oleh STMicroelectronics yang secara spesifik dikembangkan untuk aplikasi (Cortex-A), embedded (Cortex-M) dan real-time (Cortex-R). STM32 Cortex-M dirancang berdasarkan ARM®, Cortex®-M cores: Cortex®-M0 untuk STM32F0, Cortex®-M3 untuk STM32F1 dan STM32F2, Cortex®-M4 untuk STM32F3, STM32F4 dan STM32L4, serta Cortex®-M7 untuk STM32F7. Mikrokontroler ini cocok untuk melakukan pekerjaan embedded karena mengombinasikan performa tinggi dengan peripheral kelas satu, yang membuat kinerjanya STM32 lebih unggul dibandingkan dengan Arduino. STM32 digunakan di berbagai aplikasi dari printer sederhana hingga papan sirkuit kompleks sebagai hasil dari pengembangan firmware dan embedded system menggunakan mikorkontroler STM32. Mikrokontroler ini sangat cocok untuk aplikasi daya rendah.  

  

 

Mikrokontroler STM32

 

Produsen STMicroelectronics menyediakan development board STM32-Discovery Kit dan STM32-Nucleo yang relatif murah untuk memudahkan dalam belajar, bahkan tersedia breakout-board super murah dari Cina di pasaran online, yaitu Bluepill STM32F103C8T6. Chip STM32 dikelompokkan ke dalam seri terkait yang berbasis di sekitar inti prosesor ARM 32-bit yang sama, seperti Cortex-M7F ,Cortex-M4F , Cortex-M3 , Cortex-M0 + , atau Cortex- M0. Secara internal, setiap mikrokontroler terdiri dari inti prosesor, memori RAM statis , memori flash, antarmuka debugging, dan berbagai peripheral.

 

Keluarga STM32F103xx Microcontrollers terdiri dari ARM Cortex-M3 32-bit RISCinti, memori tertanam berkecepatan tinggi (memori Flash hingga 128 Kbytes dan Static RandomAccess Memory (SRAM) hingga 20 Kbytes), I / Os (Input / Output) dan peripheral yang bekerja sama dengan menghubungkan ke dua bus APB (Advanced Peripheral Bus). Itu Mikrokontroler STM32F103xx mencakup banyak peripheral serta dua ADC 12 bit, sebuah Advanced Control Timer, tiga timer 16-bit General Purpose dan juga PWM (Pulse Width Modulasi) pengatur waktu. Ini juga disediakan oleh dua I²Cs (Inter-Integrated Circuit) dan SPI (Serial Antarmuka Periferal), tiga USART (Universal Synchronous / Asynchronous Receive Transmitter), USB dan CAN (Controller Area Network) sebagai antarmuka komunikasi sistem. 

 

Kelompok keluarga mikrokontroler keluarga STM32F103xx dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu :

 

▪ Kerapatan rendah : STM32F103x4 dan STM32F103x6 adalah perangkat

berdensitas rendah.

▪ Kerapatan sedang : STM32F103x8 dan STM32F103xB adalah kerapatan

berdensitas sedang.

▪ Kerapatan tinggi : STM32F103xC, STM32F103xD dan STM32F103xE adalah perangkat berdensitas padat.


Spesifikasi STM32

 

Model : STM32F103C8T6

Core : ARM32 Cortex-M3 CPU

Clock : 72 MHz

Memory : 64K Flash + 20K SRAM

GPIO : 32 pin

ADC : 10 channel dengan resolusi 12-bit

PWM : 15 pin

Koneksi : USART, USB, SPI, I2C, CAN BUS

EEPROM –  SRAM 20KB 

Jumlah Pin I/O Digital 22 (6 PWM)

Jumlah Pin I/O Analog 8 

Harga US $2.39


STM32 Blue Pill merupakan salah satu board mikrokontroller buatan STMicroelectronics yang cukup populer pemakaiannya saat ini. Mikrokontroler yang digunakan adalah STM32F103C8 yang berbasis ARM Cortex M3. 

 

Berdasarkan spesifikasi diatas, terlihat bahwa dari segi kapasitas memori baik RAM maupun Flash, STM32 Blue Pill memiliki keunggulan dibanding dengan Arduino, meskipun pada STM32 Blue Pill tidak memiliki EEPROM. Dengan kapasitas memori yang cukup besar tersebut maka implementasi FreeRTOS sangat mungkin dilakukan dengan menggunnakan board mikrokontroller ini. Selain itu dari segi harga di pasaran, STM32 Blue Pill juga memiliki harga yang lebih murah dan kompetitif dibanding Arduino. Di indonesia, Blue Pill dijual dengan harga berkisar 30k-40k. Selain itu dari segi clock speed dan jumlah pin I/O, Blue Pill juga lebih unggul dibanding Arduino. Meskipun begitu, yang menjadi kelemahan utama SM32 Blue Pill ini adalah diperlukannya modul antarmuka tambahan untuk melakukan komunikasi serial dengan PC. Atau dengan kata lain untuk melakukan upload program masih harus dibutuhkan modul tambahan yang dinamakan bootloader. Tambahan modul interfacing ini cukup menyulitkan penulis saat praktikum karena pada beberapa kasus tidak bekerja. Selain itu dari sisi pemrograman, SM32 Blue Pill ini juga cukup lebih sulit dibanding dengan pemrograman pada Arduino karena meskipun dapat menggunakan bahasa pemrograman yang sama, sejumlah library juga harus dicari dan pencariannya tidak terlalu mudah karena komunitas online board mikrokontroller ini belum terlalu berkembang seperti Arduino. 

 

1 on: "Penjelasan tentang Mikrokontroler STM32"
  1. Assalamualaikum.......
    Nanya master....
    Apakah STM32 bisa dicopy isinya master....?

    BalasHapus