Arduino Indonesia. Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Supported by Electronics 3 in 1

1. Jasa pencetakan PCB single layer dengan harga paling murah.

(Metode Pembuatan dengan Transfer Toner)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.150,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

(Metode Sablon Full Masking dan Silk Screen minimal pemesanan 100 Pcs)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.200,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

2. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan trainer pembelajaran elektronika untuk SMK dan Mahasiswa.

3. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan berbagai macam kontroller, sensor, aktuator, dan tranduser.
>Design Rangkaian / Sistem Elektronika
>Design Rangkaian / Sistem Instrumentasi
>Design Rangkaian / Sistem Kendali
>Kerjasama Riset (data atau peralatan)
>Kerjasama Produksi Produk-Produk KIT Elektronika
>Produksi Instrumentasi Elektronika

4. Jasa Pembuatan Proyek, Tugas Akhir, Tugas Laboratorium, PKM, Karya Ilmiah, SKRIPSI, dll

Like My Facebook

Popular Posts

Selasa, 06 September 2022

Motor Induksi

Motor induksi adalah motor listrik yang bekerja berdasarkan arus induksi. Motor induksi pada dasarnya mempunyai 3 bagian utama yaitu stator, celah udara dan rotor. Stator merupakan bagian mesin yang tidak bergerak. Bagian ini tersusun dari kumparan yang berperan sebagai alat untuk induksi elektromagnetik ke kumparan yang ada pada rotor. Celah udara merupakan tempat terjadinya perpindahan energi dari stator menuju ke rotor. Sementara rotor adalah bagian mesin yang dapat bergerak. Pergerakan rotor diakibatkan oleh munculnya induksi elektromagnetik dari kumparan stator menuju ke kumparan yang ada pada rotor. Penerapan motor induksi sangat umum di industri karena memiliki tingkat keandalan yang tinggi dan tingkat perawatan yang mudah. Selain itu, harga jual motor induksi lebih murah dibandingkan dengan motor arus searah dengan perbandingan setengah harga. Motor induksi bekerja dengan arus bolak-balik sehingga memiliki rasio daya listrik terhadap berat mesin yang lebih tinggi dibandingkan dengan motor arus searah.

 

 

Motor Induksi


Stator pada motor induksi memiliki konstruksi yang terdiri dari bagian rangka, inti, alir dan kumparan. Rangka stator merupakan rumah bagi bagian stator yang lainnya dan terbuat dari bahan besi tuang. Bagian inti stator dan alur terbuat dari bahan besi lunak atau baja silikon. Bagian alur merupaka tempat untuk memasang kumparan pada stator. Sedangkan kumparan terbuat dari bahan tembaga. Bagian rangka stator pada motor induksi didesain untuk menutupi bagian inti dan kumparan serta melindungi manusia dari kontak langsung dengan bagian-bagian mesin yang bergerak pada mesin. Selain itu, rangka stator juga menghindari terjadinya goresan yang disebabkan oleh gangguan objek atau gangguan udara terbuka. Rangka stator juga berperan dalam penyaluran torsi ke bagian peralatan pendukung mesin. Tujuan ini terpenuhi dengan pembuatan rangka stator dari bahan yang tahan terhadap gaya putar dan goncangan. Selain itu, rangka stator juga berguna sebagai sarana rumahan ventilasi udara yang dapat meningkatkan efektivitas pendinginan terhadap mesin.

 

Bagian rotor pada motor induksi terdiri dari bagian inti, alur, kumparan dan poros. Bagian inti terbuat dari besi lunak atau baja silikon. Bagian alur terbuat dari bahan yang sama dengan bagian inti. Alur menjadi tempat pemasangan kumparan pada rotor. Kumparan rotor terbuat dari tembaga.[Celah udara merupakan ruangan yang memisahkan antara bagian stator dan bagian rotor. Peran celah udara adalah sebagai tempat melintasnya fluks magnetik hasil dari induksi elektromagnet pada bagian stator. Fluks magnetik ini memotong kumparan rotor dan menyebabkan rotor dapat berputar. Ruangan yang menjadi bagian dari celah udara diatur sedemikian rupa sehingga kinerja motor induksi bernilai optimal. Celah udara yang terlalu lebar dapat menurunkan efisiensi energi dari motor induksi. Sementara celah udara yang terlalu sempit menimbulkan gangguan mekanis pada mesin.

 

Motor induksi merupakan salah satu jenis motor arus bolak-balik. Penggunaannya merupakan yang terbanyak bila dibandingkan dengan jenis motor arus bolak-balik yang lainnya. Penamaannya yang dikaitkan dengan induksi berasal dari prinsip kerjanya yang memanfaatkan proses induksi elektromagnetik dari medan magnet yang ada pada bagian stator menuju ke rotor. Arus listrik yang mengalir pada rotor merupakan arus induksi dari stator. Keberadaan arus ini disebabkan oleh perbedaan relatif antara putaran rotor dengan medan putar. Di industri dan pada rumah tangga terdapat dua jenis motor induksi, yaitu motor induksi satu-fasa dan motor induksi tiga-fasa. Perbedaan di antara keduanya adalah pada sistem kelistrikan yang menyuplai arus listriknya. Motor induksi satu-fasa disuplai dengan sistem kelistrikan satu-fasa dan banyak digunakan pada peralatan listrik yang ada di rumah tangga. Daya listrik yang dihasilkan oleh motor induksi satu-fasa adalah rendah sehingga banyak digunakan untuk mengoperasikan peralatan listrik untuk keperluan rumah tangga seperti kipas angin, kulkas, pompa air, dan mesin cuci. Sedangkan motor induksi tiga-fasa dioperasikan pada sistem tenaga listrik tiga-fasa dengan penggunaan pada berbagai bidang pekerjaan di industri yang memerlukan kapasitas daya listrik yang besar.

 

0 on: "Motor Induksi"