Blog Archive

Arduino Indonesia. Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Supported by Electronics 3 in 1

1. Jasa pencetakan PCB single layer dengan harga paling murah.

(Metode Pembuatan dengan Transfer Toner)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.150,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

(Metode Sablon Full Masking dan Silk Screen minimal pemesanan 100 Pcs)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.200,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

2. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan trainer pembelajaran elektronika untuk SMK dan Mahasiswa.

3. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan berbagai macam kontroller, sensor, aktuator, dan tranduser.
>Design Rangkaian / Sistem Elektronika
>Design Rangkaian / Sistem Instrumentasi
>Design Rangkaian / Sistem Kendali
>Kerjasama Riset (data atau peralatan)
>Kerjasama Produksi Produk-Produk KIT Elektronika
>Produksi Instrumentasi Elektronika

4. Jasa Pembuatan Proyek, Tugas Akhir, Tugas Laboratorium, PKM, Karya Ilmiah, SKRIPSI, dll

Like My Facebook

Popular Posts

Rabu, 24 Mei 2023

Penjelasan tentang OSI Layer

OSI layer merupakan sebuah konsep yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi antara berbagai jenis sistem komunikasi komputer menggunakan protokol standar, yaitu TCP/IP. Apa itu Protokol? Protokol merupakan format aturan tentang proses pertukaran informasi antarkomputer menggunakan TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol). Sedangkan IP merupakan alamat sistem dalam jaringan internet yang dihubungkan oleh TCP.  


Fungsi OSI Layer

OSI layer bekerja melewati tujuh lapisan prosedur secara berurutan. Ada masalah yang mungkin terjadi pada salah satu lapisan prosedur tersebut ketika seseorang tidak bisa mengakses internet dengan laptopnya. Konsep OSI layer memberikan kemudahan dalam proses pencarian titik awal permasalahan, sehingga memangkas waktu yang diperlukan untuk melacak masalah yang terjadi pada jaringan dan usaha untuk mengatasi masalah jaringan pun bisa berjalan dengan lebih singkat dan mudah.

 

7 OSI Layer beserta Penjelasannya

 

1. Application

Application layer merupakan prosedur penyambungan komunikasi dari perangkat yang berhubungan langsung dengan pengguna atau penghubung antara perangkat dan sistem komunikasi.

2. Presentation

Presentation layer merupakan lapisan yang bertanggung jawab untuk mempersiapkan data agar bisa digunakan dengan program tertentu. Selain itu, lapisan ini juga bisa digunakan untuk mempresentasikan data agar program tersebut bisa menyerap, mengakses dan menggunakannya. Presentation layer digunakan sebagai penerjemah bahasa komunikasi yang berbeda antara dua perangkat komputer. Presentation layer melakukan enkripsi data dari perangkat sumber kemudian mendeskripsinya pada perangkat penerima. 

3. Session                               

Session merupakan durasi waktu yang diperlukan untuk berkomunikasi dan bertanggung jawab untuk membuka jaringan dalam durasi waktu yang cukup agar pertukaran data bisa berjalan dengan baik. 

4. Transport

Lapisan ini digunakan sebagai penanggung jawab kiriman pesan antara dua perangkat. Transport layer mengambil data dari lapisan sebelumnya dan meneruskan ke lapisan berikutnya sekaligus memastikan bahwa data tersampaikan dengan baik. Transport layer bertanggung jawab mengendalikan alur komunikasi antara dua perangkat yang kecepatan internetnya berbeda agar bisa saling mengoptimalkan. Selain itu, lapisan ini juga digunakan untuk memastikan data tersampaikan secara lengkap dan jika gagal meminta kiriman ulang. 

5. Network

Network berarti jaringan. Network layer bertanggung jawab untuk memberikan jalur sebagai fasilitas bagi proses pertukaran informasi antar dua jaringan berbeda. Network layer tidak dibutuhkan pada komunikasi perangkat di jaringan yang sama. Lapisan ini mencari jalur komunikasi terbaik antarjaringan (routing). Network layer menyalurkan data kiriman dari perangkat sumber dengan cara membaginya dalam paket-paket kecil. Kemudian menyusunnya kembali ketika sudah sampai pada perangkat penerima.  

6. Data Link

Data link merupakan pemberi jalur komunikasi di dalam jaringan yang sama. Tugas-tugasnya hampir sama dengan network layer dan transport layer, hanya saja internal dalam satu jaringan.

7. Physical

Physical bertanggung jawab mentransmisikan data dalam bentuk bit stream. Lapisan ini mencakup segala piranti pertukaran informasi yang dimiliki oleh dua perangkat yang melakukannya. Bit stream bisa dikatakan sebagai data digital. Bentuknya tidak kasat mata dan berurutan melalui alur tertentu yang bisa ditransmisikan melalui media fisik.



0 on: "Penjelasan tentang OSI Layer"