Blog Archive

Arduino Indonesia. Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Supported by Electronics 3 in 1

1. Jasa pencetakan PCB single layer dengan harga paling murah.

(Metode Pembuatan dengan Transfer Toner)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.150,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

(Metode Sablon Full Masking dan Silk Screen minimal pemesanan 100 Pcs)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.200,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

2. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan trainer pembelajaran elektronika untuk SMK dan Mahasiswa.

3. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan berbagai macam kontroller, sensor, aktuator, dan tranduser.
>Design Rangkaian / Sistem Elektronika
>Design Rangkaian / Sistem Instrumentasi
>Design Rangkaian / Sistem Kendali
>Kerjasama Riset (data atau peralatan)
>Kerjasama Produksi Produk-Produk KIT Elektronika
>Produksi Instrumentasi Elektronika

4. Jasa Pembuatan Proyek, Tugas Akhir, Tugas Laboratorium, PKM, Karya Ilmiah, SKRIPSI, dll

Like My Facebook

Popular Posts

Senin, 22 Mei 2023

Penjelasan tentang Topologi Jaringan

Topologi jaringan komputer merupakan metode untuk menghubungkan rute koneksi dan node dalam satu jaringan. Node yang dimaksud yaitu perangkat keras untuk menerima, meneruskan dan menyebarkan data. Sedangkan rute koneksi yaitu sambungan antar node sehingga bisa saling terhubungf satu sama lain. Sambungan tersebut dibuat menggunakan kabel jaringan LAN.


Macam – macam Topologi Jaringan

 

1. Topologi Mesh              

Topologi Mesh

Topologi mesh merupakan metode untuk menghubungkan node secara langsung menggunakan kabel  jaringan tanpa adanya perantara. Kelebihan topologi mesh yaitu kesalahan dalam pengiriman data bisa ditemukan dengan mudah. Pengiriman data bisa berjalan lebih aman karena dilakukan melalui rute khusus. Sedangkan kekurangan dari topologi mesh yaitu membutuhkan biaya yang lebih besar untuk penyediaan kabel jaringan. 

 

2. Topologi Star

 

Topologi Star

 

Topologi star memiliki bentuk jaringan rute dan node yang mirip dengan bintang. Topologi star merupakan metode untuk menghubungkan beberapa node menggunakan satu perangkat keras berupa “hub” dalam sebuah jaringan. Kelebihan topologi star yaitu lebih hemat biaya untuk kabel jaringan  Kegagalan pengiriman dalam satu rute tidak akan mempengaruhi rute yang lain. Sedangkan kekurangannya yaitu jika terjadi kerusakan pada “hub”, maka aljr transmisi data dan sumber daya pada topologi star akan terhenti semua. 

 

3. Topologi Bus

Topologi Bus

Topologi bus merupakan metode untuk menghubungkan antar komputer menggunakan satu kabel jaringan. Pada topologi ini, transmisi data atau sumber daya berjalan satu arah dari satu titik ke ujung titik terakhir. Kelebihan topologi bus yaitu biayanya jauh lebih murah untuk menyediakan kabel jaringan. Sedangkan kekurangannya yaitu sangat mungkin terjadi tabrakan data karena lalu lintas hanya bertumpu pada satu kabel.  

 

4. Topologi Ring

Topologi Ring

Topologi ring merupakan metode untuk menghubungkan antar komputer menggunakan rute yang berbentuk melingkar seperti cincin. Pada setiap node dalam rute tersebut biasanya memiliki repeater untuk meneruskan data. Kelebihan topologi ring yaitu lebih fleksibel untuk memperluas jaringan dengan biaya pemasangan yang cukup murah. Sedangkan kekurangannya yaitu kendala untuk identifikasi lebih sulit. 

 

5. Topologi Tree

Topologi Tree

Topologi tree merupakan metode untuk menghubungkan beberapa komputer menggunakan skema transmisi data yang bersifat hirarkis dengan dua perangkat hub utama dan sekunder. Kelebihan topologi tree yaitu mudah untuk menambah node agar terhubung ke hub utama. Penggunaan dua hub bisa mempersingkat jarak tempuh data dari satu komputer ke yang lain. Sedangkan kekurangannya yaitu jika terjadi gangguan pada hub utama, maka seluruh sistem dalam satu jaringan akan bermasalah. 

 

6. Topologi Hybrid

Topologi Hybrid

Topologi hybrid merupakan metode untuk menghubungkan beberapa komputer dengan mengkombinasikan beberapa jenis topologi jaringan komputer, misalnya topologi ring dan star. Kelebihan topologi hybrid yaitu bisa memberikan keleluasaan untuk mengatur skema jaringan.



0 on: "Penjelasan tentang Topologi Jaringan"