Blog Archive

Arduino Indonesia. Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Supported by Electronics 3 in 1

1. Jasa pencetakan PCB single layer dengan harga paling murah.

(Metode Pembuatan dengan Transfer Toner)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.150,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

(Metode Sablon Full Masking dan Silk Screen minimal pemesanan 100 Pcs)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.200,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

2. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan trainer pembelajaran elektronika untuk SMK dan Mahasiswa.

3. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan berbagai macam kontroller, sensor, aktuator, dan tranduser.
>Design Rangkaian / Sistem Elektronika
>Design Rangkaian / Sistem Instrumentasi
>Design Rangkaian / Sistem Kendali
>Kerjasama Riset (data atau peralatan)
>Kerjasama Produksi Produk-Produk KIT Elektronika
>Produksi Instrumentasi Elektronika

4. Jasa Pembuatan Proyek, Tugas Akhir, Tugas Laboratorium, PKM, Karya Ilmiah, SKRIPSI, dll

Like My Facebook

Popular Posts

Selasa, 05 April 2022

Internet Gateway Device dalam Praktik Membangun IoT Middleware dengan Raspberry PI

Bagian terakhir dari IoT middleware adalah sebuah perangkat yang meneruskan data ke aplikasi pada lingkungan cloud computing. Untuk itu diperlukan sebuah perangkat lunak dengan fungsi meminta atau berlangganan (subscribe) data ke message broker selanjutna mengirim ke cloud dengan protokol HTTP (RestFull). Pada gambar di bawah ini adalah gambaran dari alur sistem ini. Pada IoT middleware di dalamnya terdapat sebuah program yang bertugas untuk berlangganan topik / dht ke semua middleware dalam infrastruktur IoT. Pada infrastruktur IoT memungkinkan terdiri dari lebih dari satu message broker. Data yang di dapat kemudian diteruskan ke web services dari aplikasi IoT dengan method POST. Dengan memanfaatkan koneksi internet jaringan seluler pada pembahasan sebelumnya.

 

Skema Komunikasi Internet Gateway

 

Contoh program yang melakukan subscribe terhadap topik yang telah di-publish oleh node sensor dapat dilihat pada kode program 8 InternetGw.py. Untuk menjalankan program ini dibutuhkan pip install paho-MQTT. Program ini dapat dijalankan pada IoT middleware atau perangkat lain yang berada dalam satu jaringan lokal (intranet) dengan message broker. Berikut adalah penjelasan dari potongan kode di program 8 InternetGw.py.

 

Pada baris 70 sampai dengan 79 adalah potongan kode untuk fungsi subscribe topik "/dht" ke message broker dengan protokol MQTT. Program ini akan berlangganan topik "/dht". Pada baris 14 sampai baris 68 adalah kode program untuk mengubah format data yang di dapat dari proses subscribe ke dalam format json. Data berupa temperature dan humidity dari sensor DHT22, adapun isi data berisi informasi "device", "temp", "humid" dan "time". Sebelum data dikirim perlu ditambahkan header agar sesuai dengan mekanisme komunikasi dengan protokol HTTP. Header dapat berupa informasi data yang dikirim, dalam contoh yaitu : 'Content-type': 'application/json'. Berikutnya dengan method POST pada baris 17 data akan dikirim ke alamat 206.189.94.98 yang merupakan alamat dari aplikasi IoT pada sebuah VPS di lingkungan cloud computing.

 


Sebelum menjalankan program ini, pastikan akses internet sudah tersedia. Berikutnya jalankan kode program 8 pada terminal dengan perintah Phyton InternetGw.py.
 
 

0 on: "Internet Gateway Device dalam Praktik Membangun IoT Middleware dengan Raspberry PI"