Blog Archive

Arduino Indonesia. Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Supported by Electronics 3 in 1

1. Jasa pencetakan PCB single layer dengan harga paling murah.

(Metode Pembuatan dengan Transfer Toner)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.150,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

(Metode Sablon Full Masking dan Silk Screen minimal pemesanan 100 Pcs)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.200,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

2. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan trainer pembelajaran elektronika untuk SMK dan Mahasiswa.

3. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan berbagai macam kontroller, sensor, aktuator, dan tranduser.
>Design Rangkaian / Sistem Elektronika
>Design Rangkaian / Sistem Instrumentasi
>Design Rangkaian / Sistem Kendali
>Kerjasama Riset (data atau peralatan)
>Kerjasama Produksi Produk-Produk KIT Elektronika
>Produksi Instrumentasi Elektronika

4. Jasa Pembuatan Proyek, Tugas Akhir, Tugas Laboratorium, PKM, Karya Ilmiah, SKRIPSI, dll

Like My Facebook

Popular Posts

Senin, 04 April 2022

Message Broker dalam Praktik Membangun IoT Middleware dengan Raspberry PI

Raspberry PI

Protokol perpesanan yang umum digunakan pada IoT adalah MQTT dan CoAP. Untuk MQTT dalam praktik menggunakan Mosquito dengan tambahan library paho-MQTT. Untuk CoAP digunakan CoAPthon, alasan penggunaan dari perangkat lunak tersebut adalah sesuai dengan bahasa pemrograman Phyton. Kedua perangkat lunak tersebut berada pada perangkat yang berfungsi sebagai IoT middleware.

1. Instalasi dan Konfigurasi MQTT

Pesan yang tersimpan pada Mosquito bersifat volatile, artinya pesan dari publisher yang diterima akan hilang saat perangkat middleware dimatikan atau reboot. Untuk pemasangan perangkat lunak ini cukup sederhana, dengan menjalankan perintah sudo apt install mosquito mosquito-clients. Selanjutnya periksa dengan perintah netstat -ntulp apakah Mosquito telah berjalan dan listen pada port 1883. Pada gambar di bawah ini terlihat 0.0.0.0:1883 yang menandakan Mosquito telah berjalan dan binding pada port 1883, sedangkan 0.0.0.0 menandakan Mosquito dapat menerima data dari semua IP address yang digunakan oleh IoT middleware.

 


2. CoAPthon

Pada bagian ini akan dicontohkan praktik dalam memasang CoAPthon sebagai perangkat lunak message broker untuk protokol CoAP. Untuk pemasangan library CoAPthon pada Raspberry Pi dapat dilakukan dengan perintah sudo pip install CoAPthon. Jika tidak terdapat program, pip bisa di-install dahulu dengan perintah sudo apt-get install Phyton pip. Berikutnya unduh program CoAP server dari github dengan perintah :

 

git close https://github.com/Tanganelli/CoAPthon.git

 

Setelah selesai unduh program CoAPthon dengan perintah cd CoAPthon. Dalam direktori tersebut terdapat berbagai berkas, di antaranya library dan contoh program. Berikutnya coba jalankan CoAP server dengan perintah Phyton CoAPserver.py. Program tersebut akan menjalankan CoAP server pada port 5683. Untuk memastikan dapat digunakan program netstat.

 

Gambar di bawah ini menunjukkan MQTT bekerja (listen) pada port 1883 dan siap menerima data dari sensor baik melalui IPv4 dan IPv6 ditunjukkan dengan udp dan udp6. Sedangkan CoAP menggunakan port standart yaitu 5353. Terdapat banyak opsi untuk proses instalasi kedua broker tersebut, akan tetapi lebih baik menggunakan pip agar library atau perangkat lunak yang dibutuhkan oleh message broker secara otomatis diinstal oleh pip.

 



0 on: "Message Broker dalam Praktik Membangun IoT Middleware dengan Raspberry PI"