Blog Archive

Arduino Indonesia. Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Supported by Electronics 3 in 1

1. Jasa pencetakan PCB single layer dengan harga paling murah.

(Metode Pembuatan dengan Transfer Toner)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.150,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

(Metode Sablon Full Masking dan Silk Screen minimal pemesanan 100 Pcs)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.200,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

2. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan trainer pembelajaran elektronika untuk SMK dan Mahasiswa.

3. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan berbagai macam kontroller, sensor, aktuator, dan tranduser.
>Design Rangkaian / Sistem Elektronika
>Design Rangkaian / Sistem Instrumentasi
>Design Rangkaian / Sistem Kendali
>Kerjasama Riset (data atau peralatan)
>Kerjasama Produksi Produk-Produk KIT Elektronika
>Produksi Instrumentasi Elektronika

4. Jasa Pembuatan Proyek, Tugas Akhir, Tugas Laboratorium, PKM, Karya Ilmiah, SKRIPSI, dll

Like My Facebook

Popular Posts

Selasa, 05 April 2022

Aplikasi Berbasis Cloud Computing

Pada bagian ini akan disajikan layer aplikasi dari IoT yang terdiri dari : protokol komunikasi berbasis HTTP dengan web services RestFull, media penyimpanan dan aplikasi visualisasi data dari sensor.

 


Sebagai contoh pada gambar di atas, aplikasi IoT pada lingkungan cloud computing berupa, web services dengan method POST untuk menerima data dari internet gateway atau node sensor. Berikutnya terdapat method GET untuk melayani permintaan dari aplikasi IoT lain. Di dalam aplikasi terdapat mekanisme pengelolaan data yang masuk terkait pengaturan topik ke media penyimpanan. Untuk media penyimpanan digunakan mongoDB untuk menjawab tantangan keberagaman data sensor. Hal ini dibuktikan pada penelitian sebelumnya, MongoDB terbukti dapat menyimpan berbagai jenis pesan yang dikirim oleh node sensor (Pramukantoro et al., 2017). Berikutnya terdapat fungsi untuk menampilkan data dari node sensor secara visual.

 

Komponen utama dalam aplikasi ini meliputi :

 

1. RestFull web services

 

Dalam Internet of Things (IoT), RestFull Web Service digunakan untuk menyediakan antarmuka komunikasi berbasis web services dengan metode GET dan POST. Keuntungan penggunaan RestFull pada IoT adalah dukungan standardisasi dan mudah dalam implementasi. Mekanisme ini cocok jika digunakan pada jaringan sensor berbasis nirkabel yang memiliki keterbatasan sumber daya (Guinard, Trifa dan Wilde, 2010).

 

Standardisasi yang dimaksud adalah data dari node sensor yang akan dikirim diubah ke dalam format HTTP, hal ini sangat memungkinkan jika node sensor terdapat kemampuan untuk komputasi dan menerapkan konsep HTTP. Beberapa referensi menyebutkan ide ini dengan istilah Web of Things (WoT).

 

2. Database NoSQL Mongodb

 

Tantangan yang ada pada bagian media penyimpanan IoT adalah harus mampu menyesuaikan dengan kondisi data yang beragam dan ukuran besar. Media penyimpanan berbasis mongoDB dan gridFS mampu menjawab tantangan tersebut (Pramukantoro dkk., 2017). Data pada MongoDB akan tersimpan dalam sebuah koleksi, di dalam koleksi berisi data-data yang berisi data sensor.

 

3. Visualisasi data

 

Bagian ini bertugas untuk menampilkan data yang tersimpan pada database MongoDB. Data dapat ditampilkan berdasarkan topik apa saja yang tersimpan, detail data pada setiap topik, statistik data yang masuk dan fitur untuk mengelola data.


0 on: "Aplikasi Berbasis Cloud Computing"