Blog Archive

Arduino Indonesia. Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Supported by Electronics 3 in 1

1. Jasa pencetakan PCB single layer dengan harga paling murah.

(Metode Pembuatan dengan Transfer Toner)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.150,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

(Metode Sablon Full Masking dan Silk Screen minimal pemesanan 100 Pcs)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.200,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

2. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan trainer pembelajaran elektronika untuk SMK dan Mahasiswa.

3. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan berbagai macam kontroller, sensor, aktuator, dan tranduser.
>Design Rangkaian / Sistem Elektronika
>Design Rangkaian / Sistem Instrumentasi
>Design Rangkaian / Sistem Kendali
>Kerjasama Riset (data atau peralatan)
>Kerjasama Produksi Produk-Produk KIT Elektronika
>Produksi Instrumentasi Elektronika

4. Jasa Pembuatan Proyek, Tugas Akhir, Tugas Laboratorium, PKM, Karya Ilmiah, SKRIPSI, dll

Like My Facebook

Popular Posts

Rabu, 06 April 2022

Menjalankan Kode Program Aplikasi IoT


 

Beberapa kode program yang telah ditulis berikutnya perlu diunggah pada VPS. Pada contoh akan diunggah dengan fungsi dari program scp. Program ini memanfaatkan jalur komunikasi yang sama dengan ssh. Contoh perintah dari program ini adalah :

 

scp apps/*iot@206.189.94.98:/home/iotapps/apps

 

Perintah tersebut akan memindahkan semua berkas yang ada pada direktori apps di komputer ke sebuah VPS dengan alamat 206.189.94.98 pada direktori /home/iot/apps. Berikutnya simpan kode program untuk antarmuka halaman website ke dalam direktori templates.

 

 

Untuk menjalankan program tersebut pada terminal gunakan perintah Phyton webservice.py. Pada gambar di bawah ini adalah tampilan dari rekaman proses jalankan kode program webservice.py. Terdapat status kode 200 dari fungsi GET dan POST pada gambar tersebut, hal ini menandakan program telah berjalan dengan baik dalam melayani permintaan pengguna.



Opsi lain untuk menjalankan program adalah dengan perintah nohub

 

nohub Phyton /home/iotapps/webservice.py > log.txt &

 

Program ini menjadikan kode webservice.py berjalan secara daemon, jika menggunakan opsi pertama program akan tertutup saat akses ke terminal terputus. Ketika menggunakan opsi nohub sebuah berkas dengan log.txt akan terbuat, berkas tersebut sebagai luaran dari program webservice.py. Isi dari log.txt sama dengan tampilan pada gambar di atas pada berkas log.txt dapat juga berisi catatan error., jika ada konfigurasi atau kode yang salah saat program dijalankan. Karena berbasis daemon, selain dari log.txt, dapat juga dilihat dengan perintah netstat, apakah program telah berjalan.

 


Pada gambar di atas terlihat ada port 5001 yang aktif, hal itu menandakan program telah berjalan dan sudah dapat digunakan untuk menerima data dari IGD. Program ini akan berjalan pada port 5001 dan listen ke semua interface, jadi setelah dijalankan untuk fungsi POST dapat dilakukan dengan alamat :

 

https://206.189.94.98:5001/api/post

 

Sedangkan untuk meminta data berdasarkan topik dapat dilakukan dengan mengakses alamat :

 

https://206.189.94.98:5001/getData/<idTopic>

 

Setelah web services siap digunakan, jalankan internet gateway dan kirim beberapa data ke web services dengan method POST. Pada gambar di bawah ini contoh data yang telah tersimpan pada database MongoDB. Data tersebut dilihat dengan MongoShell.

 


  
 


Pada gambar di atas adalah tampilan awal aplikasi IoT berbasis web yang berjalan pada sebuah VPS. Aplikasi tersebut diakses dengan alamat https://206.189.94.98:5001/. Terlihat ada 2 topik yang tersimpan yaitu /dht dan /image. Pada gambar di atas adalah informasi terkait data apa saja yang disimpan dengan topik /dht. Sedangkan gambar di bawahnya lagi adalah gambar tampilan terkait data yang disimpan dengan topik /image.

 

Dengan demikian pembahasan terkait IoT yang terbagi antara layer infrastruktur IoT, layer middleware dan layer aplikasi telah selesai.  



0 on: "Menjalankan Kode Program Aplikasi IoT"