Blog Archive

Arduino Indonesia. Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Supported by Electronics 3 in 1

1. Jasa pencetakan PCB single layer dengan harga paling murah.

(Metode Pembuatan dengan Transfer Toner)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.150,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

(Metode Sablon Full Masking dan Silk Screen minimal pemesanan 100 Pcs)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.200,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

2. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan trainer pembelajaran elektronika untuk SMK dan Mahasiswa.

3. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan berbagai macam kontroller, sensor, aktuator, dan tranduser.
>Design Rangkaian / Sistem Elektronika
>Design Rangkaian / Sistem Instrumentasi
>Design Rangkaian / Sistem Kendali
>Kerjasama Riset (data atau peralatan)
>Kerjasama Produksi Produk-Produk KIT Elektronika
>Produksi Instrumentasi Elektronika

4. Jasa Pembuatan Proyek, Tugas Akhir, Tugas Laboratorium, PKM, Karya Ilmiah, SKRIPSI, dll

Like My Facebook

Popular Posts

Senin, 14 Agustus 2023

Komunikasi Data Antar Device Mikrokontroler dengan Metode MODBUS

Arduino UNO

Komunikasi data antar device mikrokontroler dengan metode MODBUS merupakan suatu metode yang digunakan dalam industri dan sistem berbasis mikrokontroler untuk menghubungkan dan mengontrol berbagai device yang tersebar. MODBUS adalah protokol komunikasi yang dirancang khusus untuk pertukaran data antar device, terutama dalam lingkungan kontrol industri. Pada artikel kali ini, Arduino Indonesia akan membahas tentang komunikasi data antar device mikrokontroler dengan metode MODBUS.

 

MODBUS merupakan protokol komunikasi yang memungkinkan perangkat mikrokontroler berperan sebagai “master” yang digunakan untuk mengontrol dan “slave” untuk berkomunikasi dengan perangkat lain. Metode MODBUS dirancang untuk mendukung komunikasi data yang efisien dan handal dalam lingkungan kontrol industri. MODBUS memiliki dua mode utama, yaitu RTU (Remote Terminal Unit) dan ASCII. Mode RTU adalah mode yang menggunakan representasi biner untuk data yang dikirimkan membuatnya lebih efisien dan sesuai untuk aplikasi real-time. Sedangkan mode ASCII menggunakan karakter ASCII untuk representasi data yang lebih lambat namun lebih mudah untuk di-debug. Pemilihan mode ini tergantung pada kebutuhan aplikasi dan tingkat kecepatan yang diinginkan. 

 

Arsitektur Master Slave

 

Pada metode MODBUS terdapat konsep master slave arsitektur. Perangkat yang mengirim permintaan disebut sebagai “master”, sedangkan perangkat yang merespon permintaan disebut sebagai “slave”. Master mengirimkan permintaan untuk membaca dan menulis data ke slave dan slave akan merespons permintaan data yang diminta atau konfirmasi eksekusi perintah. 

 

Format Frame dalam Metode MODBUS 

 

1. Address

Setiap perangkat slave memiliki alamat unik yang memungkinkan master untuk mengidentifikasi perangkat yang akan diajak berkomunikasi. 

2. Function Code

Kode yang menentukan tindakan yang akan dilakukan oleh slave, seperti membaca data, menulis data mengontrol output dan lain sebagainya. 

3. Data

Bagian ini berisi data yang dikirimkan atau diterima, seperti perintah membaca data yang berisi alamat register dan jumlah data yang diminta. 

4. Checksum

MODBUS menggunakan mekanisme checksum atau parity untuk mendeteksi kesalahan transmisi dan memastikan integritas data selama transmisi. 


Kelebihan Metode MODBUS

 

1. MODBUS efisien dan handal dalam penggunaan bandwith untuk mengatasi gangguan atau kesalahan dalam transmisi data. 

2. Protokol MODBUS mudah diimplementasikan pada perangkat mikrokontroler.

3. Banyak perangkat keras dan perangkat lunak mendukung protokol MODBUS karena telah menjadi standar industri, sehingga mudah diintegrasikan dengan perangkat-perangkat lain.

4. MODBUS mendukung berbagai fungsi, seperti membaca data, mengontrol perangkat dan menulis data sehingga memungkinkan pengembangan aplikasi yang kompleks dan canggih.

 

0 on: "Komunikasi Data Antar Device Mikrokontroler dengan Metode MODBUS"