Blog Archive

Arduino Indonesia. Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Supported by Electronics 3 in 1

1. Jasa pencetakan PCB single layer dengan harga paling murah.

(Metode Pembuatan dengan Transfer Toner)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.150,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

(Metode Sablon Full Masking dan Silk Screen minimal pemesanan 100 Pcs)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.200,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

2. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan trainer pembelajaran elektronika untuk SMK dan Mahasiswa.

3. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan berbagai macam kontroller, sensor, aktuator, dan tranduser.
>Design Rangkaian / Sistem Elektronika
>Design Rangkaian / Sistem Instrumentasi
>Design Rangkaian / Sistem Kendali
>Kerjasama Riset (data atau peralatan)
>Kerjasama Produksi Produk-Produk KIT Elektronika
>Produksi Instrumentasi Elektronika

4. Jasa Pembuatan Proyek, Tugas Akhir, Tugas Laboratorium, PKM, Karya Ilmiah, SKRIPSI, dll

Like My Facebook

Popular Posts

Jumat, 04 Agustus 2023

Memperluas Fungsionalitas Arduino Genuino Intel 101 dengan Shield

 

Arduino Genuino Intel 101

Arduino menjadi salah satu platform pengembangan elektronik yang sangat fleksibel. Salah satu fitur utama yang dominan adalah kemampuannya untuk memperluas fungsionalitas dengan menggunakan perangkat tambahan yang disebut dengan “shield”. Shield merupakan papan atau modul tambahan yang dapat dipasang di atas Arduino untuk menambahkan berbagai fitur dan kemampuan yang baru. Pada artikel kali ini, Arduino Indonesia akan membahas tiga shield yang digunakan untuk memperluas fungsionalitas Arduino , yaitu GPS Shield, LCD Shield dan Ethernet Shield. Berikut ini uraian singkat mengenai bagaimana memperluas fungsionalitas Arduino dengan GPS Shield, LCD Shield dan Ethernet Shield. 

1. GPS Shield

GPS shield merupakan salah satu jenis shield yang dapat mengintegrasikan kemampuan GPS (Global Positioning System). Anda dapat memperoleh informasi koordinat geografis, waktu, kecepatan dan ketinggian. Shield ini sangat berguna untuk aplikasi yang memerlukan pelacakan lokasi, seperti sistem navigasi pemantauan kendaraan atau pun pemetaan geografis. Biasanya, GPS shield dilengkapi dengan antena, modul GPS dan library untuk mempermudah penggunaan.  Contoh penggunaan GPS shield yaitu pada kendaraan otonom yang menggunakan data GPS untuk menentukan posisi dan rute. Arduino dapat mengambil kepuutusan beradasarkan informasi lokasi dan mengontrol pergerakan kendaraan secara akurat. 

2. LCD Shield

LCD shield merupakan jenis shield yang memiliki layar Liquid Crystal Display (LCD). Layar LCD tersebut dapat menampilkan teks, angka bahkan gambar. Jadi, sangat memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan pengguna melalui antarmuka visual yang lebih mudah dimengerti. Pada umumnya, LCD shield dilengkapi dengan berbagai ukuran layar dan tampilan karakter atau grafis, seperti ukuran 16 x 2 atau 20 x 4 karakter. LCD shield sering digunakan untuk menampilkan data sensor, seperti menampilkan suhu, kelembaban dan prakiraan cuaca. 

3. Ethernet Shield

Ethernet shield memungkinkan Arduino Genuino Intel 101 untuk terhubung ke jaringan komputer melalui kabel Ethernet. Arduino dapat berkomunikasi dengan perangkat lain melalui jaringan, seperti server web, database bahkan perangkat lain yang menggunakan protokol komunikasi TCP/IP. Pada umumnya, Ethernet shield dilengkapi dengan chip Ethernet dan port RJ45 untuk koneksi kabel. Adanya Ethernet shield, Arduino dapat melakukan berbagai fungsi, seperti mengambil data dari server, mengunggah data sensor ke cloud atau pun mengontrol perangkat lain dari jarak jauh. Ethernet Shield memungkinkan Arduino untuk terhubung ke jaringan komputer melalui kabel Ethernet. Dengan shield ini, Arduino dapat berkomunikasi dengan perangkat lain melalui jaringan, seperti server web, database, atau bahkan perangkat lain yang menggunakan protokol komunikasi TCP/IP. Ethernet Shield umumnya dilengkapi dengan chip Ethernet dan port RJ45 untuk koneksi kabel.

 

0 on: "Memperluas Fungsionalitas Arduino Genuino Intel 101 dengan Shield "