Blog Archive

Arduino Indonesia. Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Supported by Electronics 3 in 1

1. Jasa pencetakan PCB single layer dengan harga paling murah.

(Metode Pembuatan dengan Transfer Toner)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.150,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

(Metode Sablon Full Masking dan Silk Screen minimal pemesanan 100 Pcs)
>PCB design sendiri (siap cetak) : Rp.200,-/Cm2
>PCB design dari kami : Rp.250,-/Cm2

2. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan trainer pembelajaran elektronika untuk SMK dan Mahasiswa.

3. Jasa perancangan, perakitan, dan pembuatan berbagai macam kontroller, sensor, aktuator, dan tranduser.
>Design Rangkaian / Sistem Elektronika
>Design Rangkaian / Sistem Instrumentasi
>Design Rangkaian / Sistem Kendali
>Kerjasama Riset (data atau peralatan)
>Kerjasama Produksi Produk-Produk KIT Elektronika
>Produksi Instrumentasi Elektronika

4. Jasa Pembuatan Proyek, Tugas Akhir, Tugas Laboratorium, PKM, Karya Ilmiah, SKRIPSI, dll

Like My Facebook

Popular Posts

Kamis, 03 Agustus 2023

Mengenal Intel Curie pada Arduino Genuino Intel 101

 

Arduino Genuino Intel 101

Arduino merupakan platform open source yang populer dalam dunia pemrograman dan elektronika, yang memungkinkan para penggunanya untuk membuat berbagai macam proyek interaktif. Salah satu varian dari Arduino adalah Arduino Genuino Intel 101, yang memiliki keunikan karena dilengkapi dengan modul mikrokontroler Intel Curie. Intel Curie merupakan sebuah sistem komputasi miniatur yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi global, yaitu Intel Corporation. Intel Curie diperkenalkan pertama kali pada tahun 2015 yang didesain untuk mendukung Internet of Things (IoT) dan teknologi wearable. Intel Curie memiliki ukuran yang kecil, namun sangat kuat dalam memproses data dan mengolah informasi. Adanya Intel Curie ini menjadikan Arduino Genuino Intel 101 memiliki kemampuan yang lebih canggih fleksibel dibandingkan dengan beberapa varian Arduino lainnya. 

 

Pada Intel Curie terdapat sebuah mikrokontroler Quark SE yang memiliki inti prosesor untuk mendukung arsitektur Intel x86 dan dilengkapi dengan RAM dan memori flash. Selain itu, terdapat juga sensor gerak berupa akselerometer dan giroskop yang memungkinkan perangkat untuk mendeteksi perubahan posisi serta gerakan dengan akurasi tinggi. Pada Intel Curie juga terdapat Bluetooth Low Energy (BLE) yang memungkinkan konektivitas nirkabel dengan perangkat lain seperti smartphone atau komputer. 

 

Perangkat Intel Curie memiliki spesifikasi teknis yang mengesankan. Terdapat sebuah mikrokontroler Quark SE, yang memiliki inti prosesor yang mendukung arsitektur Intel x86 serta dilengkapi dengan RAM dan memori flash. Selain itu, terdapat juga sensor gerak (motion sensor) berupa akselerometer dan giroskop, yang memungkinkan perangkat untuk mendeteksi perubahan posisi dan gerakan dengan akurasi tinggi. Dalam perangkat ini juga terdapat Bluetooth Low Energy (BLE) yang memungkinkan konektivitas nirkabel dengan perangkat lain seperti smartphone atau komputer. Ukuran yang kecil dan hemat daya menjadi keunggulan utama Intel Curie karena dapat diintegrasikan dalam berbagai jenis produk wearable, seperti smartwatch, fitness tracker, sensor kesehatan bahkan smart clothing. Adanya teknologi ini, pengguna dapat dengan mudah memantau kesehatan mereka, berinteraksi dengan perangkat lain dan mengumpulkan data yang bermanfaat. 

 

Baca juga : Memulai dengan Arduino Genuino Intel 101

 

Salah satu contoh penerapan Intel Curie yaitu pada fitness tracker. Sensor gerak yang terdapat pada perangkat tersebut memungkinkan untuk mendeteksi berbagai aktivitas fisik, seperti berjalan, berlari, bersepeda dan menghitung jumlah langkah dan kalori yang terbakar. Kemudian data tersebut dapat dikirimkan ke smartphone pengguna melalui koneksi Bluetooth, sehingga pengguna dapat melihat dan menganalisis statistik kesehatan mereka. 

 

Namun, seperti teknologi baru lainnya, Intel Curie juga memiliki tantangan dan perhatian terkait privasi dan keamanan data. Dengan kemampuannya untuk mengumpulkan dan mentransmisikan data pengguna, penting untuk memastikan bahwa informasi pribadi dan sensitif dilindungi dengan baik dan tidak disalahgunakan.


Spesifikasi Intel Curie


• Prosesor x86 Quark dengan kecepatan 32 MHz.

• Memori flash sebesar 384 KB untuk menyimpan program dan data.

• RAM sebesar 80 KB untuk mengeksekusi program.

• Bluetooth Low Energy (LE) untuk berkomunikasi dengan perangkat lain.

• Sensor akselerometer 6 sumbu untuk mendeteksi gerakan dan orientasi.

• Pengolah data sensor digital.

 

Baca juga : Spesifikasi Arduino Genuino Intel 101

 

Kelebihan Intel Curie pada Arduino Genuino Intel 101 

 

1. Dengan prosesor yang kuat, Arduino Genuino Intel 101 dapat menangani proyek yang lebih kompleks dan aplikasi yang membutuhkan pemrosesan data tingkat tinggi dengan adanya prosesor yang kuat.

2. Bluetooth LE pada Intel Curie memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi dengan perangkat lain dalam jaringan Bluetooth, seperti smartphone atau perangkat IoT lainnya.

3. Sensor akselerometer 6 sumbu pada Intel Curie memungkinkan Arduino Genuino Intel 101 untuk mendeteksi gerakan dan orientasi, membuka banyak kemungkinan untuk aplikasi perangkat seluler dan wearables.

4. Intel Curie menyajikan semuanya dalam paket yang sangat kecil, memungkinkan pengembang untuk menciptakan prototype yang lebih kompak dan portabel.

 

0 on: "Mengenal Intel Curie pada Arduino Genuino Intel 101"